Yuk, kita mulai twit ttg Harga pake #BedahHARGA Bismillah….

1. Twit ini rangkaian seri dari Bedah Bisnis dari Dokter Bisnis No. 1 yg sdh dimulai dgn #BedahPROMOSI (cek TL ya) #BedahHARGA

2.. HARGA, byk banget yg konsul gimana sih nentuin harga? Nah sy coba jawab disini ya #BedahHARGA

3.. Harga itu punya intervalnya, dari batas bawah sampai dengan batas atasnya #BedahHARGA

4.. Batas bawah atau Harga Rugi, harga yg rendah yg nggak ada kemungkinan profitnya sama sekali. Dihindari! #BedahHARGA

5.. Batas atas atau Harga Kelewatan, harga yg terlalu tinggi, sehingga nggak ada orang yg mau beli! #BedahHARGA

6.. Nah harga produk kita bermain di antara harga batas bawah dan batas atas ya #BedahHARGA

7.. Pertanyaannya; gimana menentukan harga diantara kedua batas tersebut? #BedahHARGA

8.. Caranya kita pake Model 3C; 1. Cost 2. Competitor 3. Customer. Nah kita ulas satu-satu ya #BedahHARGA

9.. Pertama nentuin harga pake Cost atau biaya; kita bisa pake metode Break Even-Cost plus atau mark up #BedahHARGA

10.. Break Even; pake hitungan tentang titik impas kita (biaya tetap dan variabel). Harga kita diatas itu #BedahHARGA

11.. Break Even dipakai utk produk yg dihasilkan dari berbagai macam biaya, krn itu mesti dihitung dgn benar #BedahHARGA

12.. Cost plus; hitung aja total biaya kita bagi jumlah produk. Dpt harga pokok per produk. Harga jual diatasnya #BedahHARGA

13.. Mark-up; ini dipake jika kita dagang. Berapa harga beli, ditambah profit, jadilah harga jual kita #BedahHARGA

14.. Kedua; Competitor atau pesaing. Cek harga pesaing, harga kita bisa dibawah bisa diatas mereka! #BedahHARGA

15.. Termasuk dlm Competitor adalah barang substitusi atau barang yg bisa gantiin produk kita. Misal; pilihan makanan #BedahHARGA

16.. Cek juga harga barang2 substitusi. Kita mesti paham nih. Harga kita bisa dibawah bisa diatasnya #BedahHARGA

17.. Coca Cola tdk hanya lihat Pepsi sebagai pesaing. Tapi semua minuman (brg substitusi coca cola) jg pesaing mereka #BedahHARGA

18.. Ketiga; Consumen. Ini ttg bagaimana pesepsi konsumen ttg produk kita #BedahHARGA

19.. Semakin unik dan berkualitas produk kita dimata konsumen, kita bisa buat harga lebih tinggi #BedahHARGA

20.. Atau semakin dibutuhkannya produk kita oleh konsumen, harga kita juga bisa naik! #BedahHARGA

21.. Nah, bagaimana kita meramunya 3C ini; Cost-Competitor-Consumen itu akan membuat harga yg optimal utk kita #BedahHARGA

22.. Jangan tinggalkan salah satu C tersebut jika ingin harga yg sukses #BedahHARGA

23.. Harga yg; Diatas COST, Seimbang dgn COMPETITOR, sesuai menurut CONSUMEN #BedahHARGA

24.. Itu saja twit seri bedah bisnis kita hari ini ttg HARGA! #BedahHARGA

25.. Smg Bermanfaat dan RT utk teman2nya ya🙂 #BedahHARGA