Ada 4 (Empat) hal Fundamental dalam membangun KEKUATAN FINANSIAL secara INSTANT yang berpotensi menjadi kekuatan yang berlipat-lipat dengan sendirinya, dengan energi yang jauh lebih sedikit untuk menghasilkan hasil yang jauh lebih besar, apa itu?

Mari kita lihat satu per satu dari ke- 4 (Empat) nya:

1. Cash flow
2. Leverage
3. Scientific Advertising
4. Modeling a mentor

1. Cash flow

Cash flow sederhananya adalah beda antara INCOME (Pendapatan) dengan PENGELUARAN. Beda keduanya disebut PROFIT jika positif selisihnya, dan sebaliknya disebut RUGI jika negative hasilnya.

Artinya cukup sederhana ya, namun begitu diabaikan dampaknya bisa sangat luar biasa berpengaruh dalam perjalanan baik sebagai individu maupun perjalanan sebuah perusahaan yang sedang dijalankan.

Diantara kita semua akan mengatakan sama-sama menginginkan PENDAPATAN yang jauh lebih besar daripada Pengeluaran, namun tidak sedikit pula faktanya keinginan dengan kenyataan berbeda 180 derajat, banyak orang yang “besar pasak daripada tiang”, bahkan bisa jadi hal ini tanpa disadari sehari-hari. Apakah anda mengalaminya sendiri?

Baik, mari kita lihat berbagai faktor dan alasan yang bisa menjadi penyebabnya, kebanyakan ini lebih banyak karena keinginan yang jauh lebih besar daripada pendapatan yang diterima setiap bulannya, model seperti ini banyak sekali contohnya dimasyarakat, mulai dari Pegawai Negeri Sipil dengan pendapatan pas-pas-an sampai ke Professional bergaji puluhan juta setiap bulannya, keduanya bisa mengalami permasalahan yang kurang lebih sama, yaitu tidak bisa menghasilkan PROFIT yang jauh lebih besar, malah terjebak dengan terus menerus memperbesar jumlah HUTANG atau TAGIHAN yang dari ke hari semakin merongrong sendi-sendi kehidupan, jauh dari KEMERDEKAAN FINANSIAL yang diharapkan.

Kasus lain bisa terjadi disebuah Perusahaan, mulai dari kelas UKM sampai dengan Perusahaan Besar. Semakin besar organisasi perusahaan, semakin kompleks pula permasalahan yang dihadapi, dan hal mendasar yang seringkali dilupakan tetap sama yakni POSITIVE CASH FLOW, tidak ada tools yang baik yang dapat dijadikan “alat ukur”, seringkali menjadi penyebab kehancuran sebuah Perusahaan.

Sekarang pertanyaan besarnya adalah, darimana kita bisa menghasilkan Cash Flow yang terus menerus menunjukan trend POSITIF dari hari ke hari, minggu ke minggu, dari tahun ke tahun dan terus begitu seterusnya yang terjadi?

“MOST CASH FLOW IS CREATED BY SELLING A PRODUCT OR SERVICE!”

Ada 4 (empat) langkah mudah untuk bisa melakukannya layaknya seperti menggunakan “Remote Control”, antara lain:

1) Biarkan Orang Lain yang menjualkan Produk kita dan kita bisa memperoleh ROYALTI dari sini. Berbagai macam cara bisa dilakukan antara lain salahsatunya adalah dengan menjadi Penulis Buku misalnya, atau menjual ide-ide yang tidak membutuhkan banyak modal dan biarkan orang lain yang memodali sendiri untuk memberikan keuntungan bersama.

2) Gunakan Tenaga Sales dengan sistem komisi sesuai dengan penjualan Produk kita.

3) Menjual Produk ke toko-toko Ritel disekitar lingkungan atau menjual produk melalui saluran-saluran alternatif lainnya, misalnya via Internet, via jasa Delivery Order, dan lain-lain yang bisa dikembangkan dengan cara-cara sederhana disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada.

4) Menjual dengan menggunakan “Scientific Advertising”.(akan dibahas di segmen berikutnya)

2. Leverage (Daya Ungkit)

Hal mendasar lainnya setelah dapat menghasilkan Positif Cash Flow diatas adalah bagaimana mendaya gunakan nya agar memperoleh pencapaian-pencapaian yang jauh lebih besar, jauh lebih banyak dengan energi yang sama bahkan dengan energi yang jauh lebih sedikit. Mari kita tanyakan pada diri kita masing-masing:

• Bagaimana mendapatkan Bisnis Bekerja tanpa kehadiran kita?
• Bagaimana mendapatkan orang lain bekerja, tanpa pengaruh konstan dari kita?
• Bagaimana membuat sistem dibisnis kita bisa terduplikasi 5.000 kali dimana 5000 unit tadi berjalan dengan baik seperti halnya yang pertamakali telah berjalan sukses?
• Bagaimana caranya memiliki Bisnis dan kita tetap bisa merasa BEBAS melakukan hal lain?
• Bagaimana caranya menghabiskan banyak waktu untuk yang saya CINTAI dibandingkan dengan apa yang saya mau kerjakan?

Ada kutipan menarik dari Robert Louis Stevenson: “EVERYONE LIVES BY SELLING SOMETHING”

Faktanya semua diantara kita ini melakukan hal yang sama, yaitu “MENJUAL”, mulai dari Tukang Sapu sampai Tukang Kayu, mulai dari Guru sampai Dokter semuanya melakukan hal yang sama, yaitu “MENJUAL”, Tukang Sapu menjual tenaga yang dimiliki, Guru menjual kemampuan mengajar, Dokter menjual keahlian mengobati dan hal yang sama berlaku di profesi lainnya, apakah itu pelawak, model, penyanyi, pemain sepakbola sampai presiden dan menteri dituntut hal yang sama yaitu bisa “MENJUAL”.
Pertanyaannya adalah: “Berapa yang diperoleh katakanlah 1 (satu) jam dari pekerjaan “MENJUAL” tadi?
Masalahnya, semua diantara kita mengalami waktu yang sama selama 24 Jam! Itu batasan waktu kita bisa ‘menjual’.

Solusinya adalah Kita membutuhkan sebuah LEVERAGE! atau Daya Ungkit.

Tanyakan kembali pada diri kita masing-masing:

• Bagaimana caranya MENDUPLIKASI diri kita sebanyak mungkin dalam satu waktu. Ada berbagai cara salahsatunya adalah dengan “faktor kali”, misalnya saja, jika saya katakanlah memiliki sebuah counter seluler dengan keuntungan ‘hanya’ 3 juta/bulan, Dengan “faktor kali”, misalnya katakanlah dengan saya membuka 10 cabang dengan keuntungan rata-rata sama, maka akan dihasilkan 30 juta/bulan, maka faktor kali sudah menjadi salahsatu LEVERAGE usaha saya.
• Bagaimana caranya melipatgandakan usaha kita, melipatgandakan waktu kita, dan bagaimana melipatgandakan energi kita?

3. Scientific Advertising

Ada 4 (Empat) hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh ‘market’ dengan cara yang sederhana:

• Lakukan ‘test and measure’
Lakukan lah beberapa test kecil dalam menjaring ‘market’, dan lakukan pengukuran terhadap keberhasilan test tersebut. Setelah terukur dan mendapatkan cara yang tepat maka langkah berikutnya adalah duplikasikan cara tersebut.
• Duplicate!
Duplikasikan cara efektif hasil dari ‘test and measure’ diatas berulang-ulang, ini seperti saya menemukan cara memancing yang ‘pas’ sehingga memancing ikan kedua, ketiga dan selanjutnya bukan pekerjaan yang sulit untuk dilakukan berulang-ulang
• Salesman Multiplied
Bagaimana caranya ‘memperoleh’ salesman dalam jumlah besar dan tanpa perlu dibayar? Salahsatu cara yang saya telah lakukan sendiri adalah bagaimana Search Engine seperti Google dan Yahoo dapat memberikan tampilan pertama untuk website yang kita telah buat berdasarkan kategori produk atau informasi yang ingin disampaikan kepada jutaan calon pelanggan.
• Database Prospect
Database para pelanggan, calon pelanggan, mitra bisnis, bahkan pertemanan perlu disusun dan dijaga, kepercayaan adalah inti sebuah usaha, hanya dari kepercayaan bisa muncul berbagai macam usaha yang bisa dikembangkan terus menerus. Modal utama dalam sebuah usaha adalah KEPERCAYAAN, percayalah bukan modal uang, bukan pula modal asset lainnya yang dapat mempertahankan sebuah usaha. Maka bangunlah kepercayaan itu!

4. Modeling a Mentor

Carilah mentor untuk keberhasilan usaha dengan cara yang lebih mudah, mentor bisa dalam bentuk apapun, apakah itu kepada orang yang telah berhasil dalam bidang usaha yang akan digeluti, mentoring dari buku-buku inspirasi, mentoring dengan kelompok aliansi Mastermind, kelompok perkumpulan dari orang-orang yang saling men-support, kelompok yang membangun lingkaran positif antara satu dengan yang lainnya. Mentor juga kita bisa cari dari dalam diri kita sendiri, dari KEKUATAN yang telah dimiliki, yakinlah hanya kita yang tahu dimana Kekuatan itu dan yakinlah bahwa KEKUATAN itu yang akan selalu membimbing kemana arah kita melangkah.

Referensi: Buku “Instant Cashflow” karya Mark G.Nolan.